Sugeng Rawuh alias selamat datang di gubuk blogku.. emang sih blog ini sangat sederhana, tapi sangat bermanfaat bagi pribadi saya dan mungkin bagi anda yang mendapatkan "sesuatu" diblog saya ini. Blog ini dibuat untuk "curahan hati" saya dalam mendesain atau mendapatkan sesuatu hal yang baru saya temui atau pelajari. Karena bagi saya "Desain Grafis" itu nggak ada MATINYA !!! selalu baru tiap hari atau bahkan tiap detik.Dalam dunia desain Grafis tidak diperlukan ORANG PINTAR melainkan ORANG YANG MEMILIKI IMAJINASI DAN IDE. apakah anda setuju ?? kalo nggak juga nggak papa kok..heheheehheheheh marquee>

Rabu, 06 Februari 2008

Filosofi sebuah Warna

Kadang dalam men-desain sesuatu kita hanya sembarangan dalam memakai warna, tanpa tahu apa arti dari warna yang kita pake... en parahnya lagi kalo kita buat sebuah logo instansi atau perusahaan tapi nggak tahu warna apa yang harus dipake... bisa-bisa nggak cocok sama FILOSOFI sebuah instansi atau perusahaan tersebut.. karna emang pada dasarnya setiap warna itu memiliki filosofi tertentu ( walaupun tidak semua ya... ) so berikut arti dari masing-masing warna ( Primer)..

MERAH
Power, energi, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya.
Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain. Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal. Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti ‘bahagia’ di budaya Oriental.

BIRU
Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan.
Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan ‘kepercayaan’.

HIJAU
Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan.
Warna Hijau tidak terlalu ’sukses’ untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai.

KUNING
Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan.
Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu.

UNGU
Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan.
Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam.

COKLAT
Energy, Keseimbangan, Kehangantan.
Menekankan sebuah produk yang tidak mahal.
Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan.
Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.

ABU-ABU
Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan.
Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.

HITAM
Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan.
Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat. Sebagai warna Kemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated).



Tidak ada komentar: